Berani & Bermartabat
KABARDAERAH.OR.IDIndeks
Monetize your website traffic with yX Media
DAERAH  

Tingkatkan Kapasitas Pemerintah Desa, Apdesi Pohuwato Gelar Bimtek P2PMD

Bagikan Artikel :

Kabardaerah.or.id, Pohuwato – Untuk terus meningkatkan kemampuan dan kapasitas perangkat desa, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pohuwato, menggelar Bimtek Pelaksanaan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, di Hotel Damhil UNG Kota Gorontalo, Sabtu (26/03/2022).

Kegiatan Bimtek bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga di saksikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Arman Mohamad, Kepala Dinas PMD Muzna Giasi serta 72 Kepala Desa dan Perangkat Desa yang menjadi peserta Bimtek.

“Dalam pelaksanaan Bimtek yang diselenggarakan dari tanggal 25 hingga tanggal 27 Maret ini, sesuai hasil rapat Apdesi bersama Dinas PMD Pohuwato bertujuan untuk peningkatan wawasan serta kapasitas pemerintahan desa dalam tata pemerintahannya,” ujar Ketua APDESI Pohuwato Sirwan Mohi, dalam laporannya.

BACA JUGA :  Jadi Narasumber Bimtek, Dansatgas Pamtas Yonif 645/GTY Jelaskan Tugas Dalam Menjaga Pengamanan Perbatasan RI-MLY

Menurutnya, seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam hal ini adalah sebuah unsur pemerintah desa, dengan adanya pandemi covid-19 kurang beroleh pelatihan atau peningkatan kapasitas dalam hal penyelenggaraan pemerintahan yang ada di desa.

Sementara, kata Sirwan, juknis dan mekanisme yang dalam setiap tahunnya selalu berubah, sehingga itu pihaknya bersama Dinas PMD menyelenggarakan bimtek ini.

Sebagai Dinas terkait, Kadis PMD Muzna Giasi pun meminta kepada seluruh peserta, agar pelaksanaan bimtek ini diikuti dengan sebaik-baiknya.

“Karena dari beberapa pemateri, Pak Syarif Mbuinga juga akan memberikan materi dalam bimtek ini, selain Pak Asisten Pemerintahan dan Kesra Arman Mohamad juga ada tenaga ahli Pak Bakran Kolosoi”, ungkap Muzna

Ia berharap kepada Kepala-kepala Desa, aparat desa, para Camat dan satgas di kecamatan, untuk secepatnya mencairkan dana desa. Sebab, menurutnya, pencairan dana desa hingga saat ini masih 40 persen.

BACA JUGA :  Pelantikan dan Bimbingan Teknis Panitia Pemungutan Suara Kabupaten Karanganyar Untuk Pemilihan Umum 2024

“Saya berharap ini menjadi perhatian, termasuk BLT Dana Desa, masyarakat hari ini sangat mengharapkan bantuan ini dan semua tergantung dari pemerintah desa. Saya ingin semua secepatnya bisa menyelesaikan itu dan pada pelaksanaan Gebyar SMS, saya berharap itu diserahkan tiga bulan berturut-turut”, ujar Muzna penuh harap.

Dikesempatan yang sama, Bupati Pohuwato Saipul A Mbuinga dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya bimbingan teknis bagi kepala desa tersebut.

“Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, karena kegiatan ini merupakan langkah strategis yang sangat diperlukan bagi kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa, apalagi saat ini kondisi masyarakat dan wilayah yang terus berkembang dinamis baik secara sosial dan ekonomi, juga menuntut pengaturan agar terciptanya tata kelola pemerintahan desa yang baik,” paparnya.

BACA JUGA :  Kadiv Administrasi Pimpin Rapat Bahas Percepatan Pembangunan Rutan Semarang & Rutan Boyolali

Dalam kegiatan tersebut Bupati mengharapkan bimtek ini mampu meningkatkan pemahaman kepala desa akan tugas pokok dan fungsinya berkaitan penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat pedesaan.

(Fit)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *