Monetize your website traffic with yX Media
DAERAH  

Selain Faktor Alam, Aktivitas PETI Juga Disebut Jadi Penyebab Banjir di Taluditi

Kabardaerah.or.id, Pohuwato – Banjir bandang menerjang 4 desa di Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, pada Senin (22/4/2024). Akibatnya, warga keempat desa tersebut terpaksa dievakuasi.

Pemerintah Kabupaten Pohuwato, melalui Camat Taluditi, Isa Ali ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, banjir yang terjadi disebabkan oleh luapan sungai Taluditi yang tidak mampu menahan debit air akibat curah hujan.

Keempat desa yang terdampak banjir tersebut yakni, Desa Makarti Jaya, Desa Puncak Jaya, Desa Kali Mas, dan Desa Tirto Asri.

BACA JUGA :  Exit Meeting Dengan BPK RI, Bupati Saipul Harap Pemda Bisa Lebih Tertib Mengolah Keuangan

“Hujan kemarin memang deras, lama. Jadi air sungai meluap ke pemukiman, alhamdulillah semalam sudah surut,” ungkap Isa Ali, Selasa (23/4/2024).

Ia pun tidak menafikan jika, penyebab lain terjadinya banjir diakibatkan adanya aktivitas Peti (Pertambangan Emas Tanpa Izin) di Kawasan hutan taluditi.

“Wallahualam, tapi kalau yang saya dapat informasi itu memang ada aktivitas tambang (Peti) di atas, sudah rusak. Kita sudah koordinasi dengan Polsek Taluditi, mereka janji akan tindaklanjuti,” ungkap Camat.

BACA JUGA :  Polres Pohuwato Berhasil Ungkap Status Kepemilikan 3 Truk Muatan Limbah Peti Hulawa

Hingga kini, pihaknya masih tengah melakukan pendataan terkait jumlah warga terdampak banjir, serta kerugian yang diakibatkan.

“Kami masih sementara update datanya. Sudah ada, tapi belum menyeluruh. Akan kita informasikan jika sudah ada data valid,” pungkas Camat Taluditi, Isa Ali.

Sementara itu, berdasarkan data sebelumnya yang diterima dari Tagana Pohuwato, sebanyak 153 rumah terendam banjir. Sedangkan jumlah kepala keluarga terdampak banjir sebanyak 156 KK, 545 jiwa, dan 19 balita.

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
BACA JUGA :  Memperingati HUT RI ke 77, warga graha lestari RT 6 antusias memeriahkan hari kemerdekaan
Bagikan Artikel :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *