Monetize your website traffic with yX Media

Perekonomian Nasional Tumbuh Baik, Menkeu : Momentum Ini Terus Dijaga

KABARDAERAH.OR.ID, JAKARTA || Momentum perekonomian Indonesia yang cukup kuat pada tahun 2022 dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen akan terus dijaga hingga tahun 2024. Untuk itu, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan bahwa sejumlah indikator pertumbuhan ekonomi harus dikendalikan dan diperkuat.

Ini berarti dari sisi permintaan konsumsi rumah tangga untuk bisa tetap tumbuh di atas 5 persen, maka inflasi di Indonesia juga harus dikendalikan, _confidence_ dari konsumen harus dijaga, dan juga investasi akan terus memomentumnya diperkuat,” ujar Menkeu dalam keterangannya di Kantor Presiden, Jakarta, pada Senin, 20 Februari 2023, usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA :  Presiden: Jangan Ada Lagi Persepsi Polri Tajam ke Bawah, Tumpul ke Atas

Untuk tahun 2024, Presiden Jokowi telah memberikan sejumlah arahan kepada jajarannya untuk fokus dalam menjalankan program-program prioritas. Menkeu menyampaikan, salah satu program prioritas yang menjadi perhatian Presiden yaitu upaya penurunan kemiskinan ekstrem hingga nol persen pada tahun 2024.

Ini berarti keseluruhan total kemiskinan akan menurun dan juga dari kebutuhan untuk pendanaannya akan dilakukan prioritas untuk tahun ini dan tahun depan,” katanya.

Prioritas lain yaitu mengenai penurunan angka kekerdilan _(stunting)_ di Indonesia. Sri mengatakan bahwa pemerintah perlu untuk meningkatkan alokasi anggaran dalam rangka mengatasi permasalahan _stunting._

Untuk _stunting_ diharapkan untuk turun ke 3,8 persen. Ini berarti perlu upaya, _effort_ tambahan yang keras dan alokasi anggaran yang disediakan untuk tahun ini dan tahun depan,” lanjutnya.

BACA JUGA :  Presiden Jokowi Luncurkan Penyaluran Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahun 2023

Sementara dari sisi investasi, Menkeu menuturkan pemerintah akan meningkatkan dukungan investasi sehingga nilai investasi di tahun ini dan tahun depan dapat meningkat secara signifikan. Selain itu, pemerintah juga akan menggunakan insentif fiskal dalam rangka mendukung berbagai transformasi industri.

Terutama yang berbasis sumber daya alam yang memperkuat ekosistem industri otomotif yang berbasiskan elektronik, elektrik, dan baterai. Ini menjadi salah satu upaya yang akan dilakukan tahun ini dan tahun depan,” tambahnya.

Di samping itu, menurut Sri, infrastruktur masih akan menjadi fokus pemerintah karena dapat meningkatkan produktivitas dari perekonomian nasional. Dari sejumlah upaya tersebut, Menkeu memperkirakan anggaran tahun 2024 dapat terus dijaga secara disiplin sesuai dengan prioritas dalam agenda nasional.

Dengan landasan itu, maka pada tahun depan kita perkirakan anggaran akan dijaga. Di satu sisi pendapatan negara akan tetap tumbuh dengan _tax ratio_ yang terus meningkat dan belanja negara yang akan dijaga secara disiplin, namun dengan prioritas sesuai dengan agenda nasional,” ucap Sri Mulyani.(*)

BACA JUGA :  Terima Komnas Perempuan, Presiden Dukung Implementasi UU TPKS

(Galih RM)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *