Monetize your website traffic with yX Media

Pemda Pohuwato Dukung Pengembangan Wilayah Teluk Tomini

Kabardaerah.or.id, Pohuwato – Konsep terwujudnya kesejahteraan masyarakat Pohuwato melalui pembinaan sumber daya manusia dan pengembangan wilayah pesisir kembali dibicarakan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dengan Rektor UNG, Prof. Dr. Ir. Eduart Wolok, ST.,MT, Sabtu (12/8/2023).

Pertemuan yang berlangsung disalah satu rumah makan di Pantai Pohon Cinta, Marisa  turut dihadiri Guru Besar Universitas Muslim Indonesia (UMI), Makassar, Prof. Dr. H. Laode Husen, SH.,MH, Sekda Iskandar Datau, asisten, dan pimpinan OPD.

Diketahui pula, silaturahmi Rektor UNG bersama tim itu membahas beberapa agenda antaranya diskusi pengembangan program teluk tomini dan persiapan transpormasi UNG BLU menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH).

BACA JUGA :  Kehadiran PT.PETS Beri Peluang Bagi SMKN 1 Dengilo Buka Jurusan Geologi Pertambangan

Kabupaten Pohuwato kata Bupati Saipul, mendukung dan siap mengambil peran dalam pengembangan wilayah teluk tomini. Karena dari segi letak, Pohuwato berada disekitar teluk tomini, dan apabila program ini jalan maka Pohuwato akan menerima dampak dari program tersebut.

“Ia, sumber daya alam dan kekayaan lainnya akan memberi dampak lebih besar bagi Pohuwato kedepannya, terutama dari sektor perikanan tangkap dan perikanan budidaya,” ungkap Saipul.

BACA JUGA :  Bupati Hadiri Peresmian Agrowisata Buah Tirta Rahayu Tugu Garuda Parimo

Untuk diketahui, bahwa teluk ini mempunyai peran penting bagi dunia karena letaknya yang persis berada di jantung segitiga karang dunia (heart of the coral triangle).

Wilayah teluk tomini meliputi tiga provinsi yaitu Sulawesi Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, dan meliputi lebih dari dua belas kabupaten/kota. Potensi luar biasa yang dimiliki teluk tomini tersebut perlu dikembangkan secara terintegrasi dengan melibatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah di sekitarnya.

Dengan potensi alam yang luar biasa dan dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah maka kawasan teluk tomini dapat menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru untuk wilayah Indonesia bagian timur. (Fit)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
BACA JUGA :  Pemberian SK PBB PAC Kecamatan Curug Periode 2023 - 2026 Berjalan lancar dan Sukses
Bagikan Artikel :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *