Monetize your website traffic with yX Media

Panglima TNI Pimpin Upacara Alih Kodal PPRC TNI Tahun 2023-2025

KABARDAERAH.OR.ID, MALANG || Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. memimpin jalannya upacara serah terima Pengalihan Komando dan Kendali Pasukan Pemukul Reaksi Cepat TNI (Alih Kodal PPRC TNI) tahun anggaran 2023-2025 yang dilaksanakan di Taxiway Skadron Udara 32, Lanud Abd. Salleh, Malang. Senin (6/2/2023).

Upacara Pengalihan Komando dan Kendali PPRC TNI dilaksanakan setiap dua tahun sekali dan periode kali ini (2023-2025) dilaksanakan dari Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P. beralih ke Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han).

PPRC TNI merupakan badan pelaksana pusat TNI di bawah langsung Panglima TNI yang bertugas melaksanakan tindakan cepat terhadap ancaman nyata bersenjata selama-lamanya tujuh hari di wilayah darat NKRI dalam rangka menangkal, menyanggah awal atau menghancurkan lawan.

BACA JUGA :  Panglima TNI Rapat Kerja Dengan Komisi I DPR RI

Dalam melaksanakan tugas pokoknya, operasional PPRC TNI berdasarkan pada azas operasi militer selain perang atau OMSP. Berangkat dari dasar tersebut kekuatan PPRC TNI dapat digunakan untuk mengatasi berbagai ancaman antara lain gerakan separatis, pemberontakan bersenjata, aksi terorisme, pelanggaran di wilayah perbatasan, ancaman terhadap obyek vital nasional strategis dan ancaman pembajakan, perombakan, serta penyelundupan.

Dalam amanatnya, Panglima TNI menyampaikan, “PPRC TNI merupakan wujud nyata sinergi dan kolaborasi tree matra terpadu sesuai dengan program prioritas saya selaku panglima TNI, saya ingin konsep gabungan seperti ini semakin diperkuat. PPRC TNI sebagai satuan penindak awal yang mampu di proyeksikan dalam waktu yang relatif singkat ke sasaran di seluruh wilayah Indonesia harus dilatih, disiapkan, dan dilengkapi dengan baik sehingga PPRC TNI selalu berada pada kondisi siaga operasional,” tuturnya.

BACA JUGA :  Biaya dan Syarat Terbaru Pembuatan KTP Baru untuk 17 Tahun 2024

Pada kurun waktu tahun 2021-2023 PPRC TNI telah dapat melaksanakan tugas dengan baik, untuk itu selaku Panglima TNI saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Panglima Divisi Infanteri 1 Kostrad selaku Komandan PPRC TNI yang lama beserta seluruh jajarannya. Kepada Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad selaku Komandan PPRC TNI yang baru beserta seluruh jajarannya saya ucapkan selamat bertugas. Ingatlah bahwa tugas yang diberikan kepada para prajurit sekalian merupakan kepercayaan dan kehormatan yang diberikan negara dan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Junjung tinggi kepercayaan dan kehormatan tersebut, demi tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, oleh karena itu senantiasa pelihara dan jaga kesiap-siagaan operasional satuan PPRC TNI pada tingkat yang lebih tinggi serta siap digerakkan setiap saat untuk melaksanakan tugas. Prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh PPRC TNI pada periode sebelumnya harus dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan pada masa mendatang,” pungkas Panglima TNI. (*)

BACA JUGA :  Jalur Ditutup saat Tamu Negara KTT AIS Forum 2023 Melintas, Polri Minta Maaf ke Masyarakat dan Wisatawan

Galih RM

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *