Monetize your website traffic with yX Media
DAERAH  

Kunjungi Pohuwato, PT SMI Monitoring Pembangunan PEN dan Sektor Persampahan

Kabardaerah.or.id, Pohuwato – Pekerjaan ruas jalan yang dibiayai dana PEN ditinjau langsung oleh PT. Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Tim yang dipimpin Relationship Manager, PT. SMI, Elia Benny diterima Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa dan didampingi Sekda Iskandar Datau, Kepala Bapppeda, Irfan Saleh, Kadis PUPR, Risdiyanto Mokodompit dan Kepala DLH, Sumitro Monoarfa di rumah jabatan wakil bupati, Selasa (14/11/2023).

Relationship Manager, PT. SMI untuk pembiayaan daerah, Elia Benny menjelaskan bahwa maksud dan tujuan ke Pohuwato tidak lain untuk melakukan monitoring pekerjaan yang di danai oleh dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Memang Pohuwato sendiri sebagai debitur, melakukan pinjaman PEN ke PT. SMI Persero yang kita semua tahu karena kondisi covid-19. Bantuan yang kami berikan berupa pinjaman dengan bunga yang cukup rendah dengan stimulan di daerah, dengan harapan daerah-daerah ini bisa memajukan ekonomi dengan lebih baik,” jelasnya.

BACA JUGA :  Permudah Warga, Polantas Blora Buka Pelayanan SIM Keliling Saat CFD Di Alun Alun Blora

Menurutnya, dengan pinjaman lebih dari Rp 100 Miliar pekerjaan telah diselesaikan di tahun 2022.

“Tidak hanya membiayai untuk membangun saja, tapi melihat bagaimana operasionalnya, bagaimana kondisi jalan yang nanti dipergunakan masyarakat sehari-harinya,” ucapnya.

Selain itu, tim PT SMI juga melakukan survei ke sektor persampahan, karena dari Pemkab Pohuwato hadir di kantor PT. SMI di Jakarta untuk meminta bantuan CSR. Ada beberapa sektor yang diajukan.

“Mungkin nanti kita akan melihat lebih lanjut lagi seperti apa bantuan CSR yang mungkin bisa diberikan dari PT. SMI ke Pemkab Pohuwato, apakah terkait dengan armada ataupun kepada penambahan kapasitas dari UKM-UKM terkait persampahan di Pohuwato itu sendiri,” kata Elia.

Elia Benny juga mengakui, terkait pembangunan yang dibiayai dana PEN di Pohuwato di mana secara data yang didapat memang Pohuwato salah satu yang terbaik di daerah Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA :  Bupati Saipul Harap Majelis Taklim Akbar X Dapat Meningkatkan Iman dan Taqwa

“Untuk pinjaman PEN yang diterima di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Pohuwato salah satu atau mungkin paling cepat penyelesaian pekerjaan. Ini menunjukkan komitmen dari pemda dan juga kerja sama dari masyarakat, dari segala pihak yang melaksanakannya. Alhamdulillah, penuh amanah, sehingga proses pengerjaan dan penyelesaian dari proyek-proyek yang ada bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Selaku pemerintah daerah, Wabup Suharsi Igirisa menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim yang kita tahu bersama untuk memantau pekerjaan yang dibiayai dana PEN.

“Mereka juga memantau bagaimana tentang persampahan di sini yang insyaallah mereka akan bantu. Untuk kekurangan-kekurangan mereka akan bantu lewat dana CSR dari dan PEN itu sendiri,” ujar Suharsi.

Wabup Suharsi menambahkan, terkait permohonan ke PT. SMI yaitu review pengembalian modal dan bunga. Karena masih memenuhi kebutuhan berupa bencana sosial yang terjadi bulan lalu.

BACA JUGA :  Cooling System Jelang Pemilu 2024, Polsek Legok, Polres Tangerang Selatan Menghadiri Tabligh Akbar.

“Kami telah bertemu langsung dengan pihak PT.SMI, dan Kementerian Keuangan di Jakarta, sebelumnya diawali dengan menyurat ke lembaga itu. Bahkan pada zoom meeting sempat ada arahan mengenai pengembalian dana PEN tersebut. Insyaallah apa yang kita perjuangkan bisa terealisasi,” tandas Suharsi. (Fit)

BERITA TERBARU YANG DISARANKAN !
Bagikan Artikel :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *