oleh

KM Tailana rute Singkil-Pulau Banyak Stop Beroperasi

KABARDAERAH.OR.ID, ACEH SINGKIL – Kepala Dinas Perhubungan melalui Abdul Rahman, Kabid Lalulintas dan Angkutan mengatakan “Untuk sementara KM Tailana berhenti beroperasi. Saat ini, kapal tengah di tambat di area pelabuhan”. ujarnya, Jum’at (20/5/2022).

Sejauh ini, tambah Abdul Rahman, KM Tailana beroperasi atas izin dan kepercayaan dari pengelolaan CV Sabena Singkil Jaya, serta di dukung subsidi operasional oleh pemerintah dalam jangka 3 bulan lamanya dari tahun 2021 lalu.

Disebabkan situasi Pandemi, pemasukan serta pengeluaran belum bisa stabil. Hal ini tidak dapat berjalan dengan maksimal.

“KM Tailana tetap beroperasi meskipun tidak ada penumpang sama sekali. Kadang kala dua orang penumpang saja yang ada, kapal tetap berlayar”. Ungkap Abdul Rahman.

BACA JUGA :  Sekjen apkasi : Perolehan Pajak Perkebunan Tergantung Kantor Pusat, Tidak Adil Bagi Pemerintah Daerah

Sementara pihak ketiga yakni CV Sabena mengaku kalau pihaknya tidak sanggup lagi mengelola. Sehingga KM Tailana terpaksa off sementara waktu.

5297341988

Meskipun pada tahun ini KM Tailana tidak mendapatkan subsidi operasional dari pemerintah, pihak KM Tailana terus mencoba mengambil inisiatif agar kapal itu bisa terus beroperasi.

Abdul Rahman mengakui kalau pihaknya mendapat banyak yang meminta mengelola kapal yang seharga Rp. 4,5 Miliar itu. Meski sejauh ini baru satu orang saja yang terlihat serius.

BACA JUGA :  Hj Asmidar Tinjau Pembangunan Jembatan di Kilangan

Terkait bagaimana mekanisme kerjasama, tentu akan dibahas dalam rapat bersama dalam waktu sesingkatnya.

“Bagi kami, yang paling penting adalah ada orang yang siap mengelola dengan izin yang jelas pula. Sehingga kapal ini nantinya dapat beroperasi seperti biasanya”. Sebutnya.

“Saat ini telah kita usulkan naik dock, tinggal menunggu estimasi harga perbaikan kapal dari pihak perkapalan, serta waktu pengerjaannya”. Tutupnya. [Jm].

 

Komentar