oleh

Keutamaan Tadarus Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

KabarDaerah.OR.ID || Ramadhan adalah bulan suci yang sangat mulia dimana kita sebagai umat Islam harus memanfaatkan sebaik-baiknya dengan memperbanyak beribadah karena pahalanya akan dilipatgandakan.

Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dan utama ketika bulan Ramadhan adalah tadarus Al-Qur’an.

Bulan Ramadhan adalah bulan Al-Quran, maka dari itu hendaknya seorang muslim memberikan perhatian dengan porsi yang lebih terhadap Al-Quran di bulan ini.

Al-Qur’an merupakan pedoman dan petunjuk bagi umat Islam. Sangat rugi sekali jika umat Islam sendiri tidak mau membaca dan mempelajarinya..

Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh an-Nu‘man ibn Basyir. Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-QUran.” (HR Baihaqi).

5297341988

Kata tadarus berasal dari kata darasa (دَرَسَ) yang memiliki arti belajar. Kemudian disisipi huruf ta (ت) pada awal kata yang mengubah arti menjadi mempelajari bersama.

Berdasarkan asal kata, tadarus melibatkan dua orang atau lebih. Artinya sebagian menyimak dan yang lain membaca dengan tujuan mempelajari atau menjaga hafalan dengan mengulang bacaan Al Quran.

Dalam hadist, Rasulullah SAW dikisahkan tadarus Al-Quran bersama malaikat Jibril.

‎كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي رَمَضَانَ حِينَ يَلْقَاهُ جِبْرِيلُ وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

“Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan Ramadhan ketika bertemu dengan malaikat Jibril, dan Jibril menemui beliau di setiap malam bulan Ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Quran.” (HR Al Bukhari).

Oleh sebab itu banyak keutamaan-keutamaan membaca Al-Qur’an. Salah satu keutamaan dari membaca Al Qur’an sebagaimana sabda Rasulullah SAW adalah memberikan syafa’at ketika hari kiamat tiba.

BACA JUGA :  Pemkab Pohuwato Akan Terbitkan Surat Edaran Perayaan Nataru di Masa Pandemi Covid-19

Al Quran bisa menjadi saksi di depan Allah bahwasannya ketika hidup di dunia, kita sering membacanya. Tentunya itu bisa menjadi penolong agar kita terbebas dari siksaan yang pedih.

Dengan membaca dan mempelajari Al-Qur’an, insyaallah kita akan mendapatkan petunjuk agar bisa menjalani hidup di jalan yang benar.

Sesuai dengan firman Allah di dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 9 yang artinya: “Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.”

Tak hanya firman itu saja, Rosulullah SAW pun sudah memberikan wasiat kepada para umatnya agar selalu membaca Al-Qur’an karena disitulah setiap jalan dan petunjuk akan dibuka.

Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW :

Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Al Qur’an sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi)

5297341988

Berikut beberapa keutamaan memperbanyak tadarus Al-Quran di bulan suci Ramadhan :

  1. Memperbaiki Bacaan Al-Qur’an

Tadarus merujuk pada sebuah aktivitas pembacaan Al Quran dengan tujuan memelihara dan memperbaiki hafalannya.

Karena dengan tadarus Al-Quran dan membaca Al-Quran bersama-sama kita bisa lebih memperhatikan letak kesalahan kita, apabila kita ada kesalahan dalam membaca Al-Quran, maka orang lain yang sedang bertadarus Al-Qur’an juga bisa mengingatkan kita.

  1. Menjaga Hafalan Al-Quran

Tadarus adalah momen yang tepat untuk menjaga hafalan Al-Quran karena ada orang lain yang akan menyimak dan mendengarkan bacaan hafalan kita.

  1. Memberi Syafaat Di Hari Kiamat
BACA JUGA :  Berhasil Ungkap Kasus Penyalahgunaan Elpiji Bersubsidi, 18 Anggota Polres Blora Mendapat Penghargaan

Rasulullah SAW pernah bersabda;

‎عَنْ زَيْدٍ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَلَّامٍ يَقُولُ حَدَّثَنِي أَبُو أُمَامَةَ الْبَاهِلِيُّ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِه

Dari Zaid bahwa ia mendengar Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti. (HR. Muslim) [ No. 804 Syarh Shahih Muslim].

Dari hadist tersebut jelas bahwa kita di anjurkan untuk membaca Al-Qur’an. Karena kelak akan memberikan syafaat di hari kiamat bagi orang yang mau membaca.

  1. Dimuliakan

Kita akan di muliakan oleh Allah SWT jika kita mau membaca Al-Qur’an. Rasulullah bersabda:

‎قَالَ عُمَرُ أَمَا إِنَّ نَبِيَّكُمْ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ قَالَ إِنَّ اللَّهَ يَرْفَعُ بِهَذَا الْكِتَابِ أَقْوَامًا وَيَضَعُ بِهِ آخَرِينَ

Umar berkata, “Benar, Nabi kalian shallallahu alaihi wasallam telah bersabda:

Sesungguhnya Allah akan memuliakan suatu kaum dengan kitab ini (Al Qur`an) dan menghinakan yang lain.” (HR. Muslim) [ No. 817 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

  1. Mendapatkan Mahkota Cahaya Pada Hari Kiamat
5297341988

Dari Abdillah ibnu Buraidah al-Aslamiy, dari ayahnya, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa membaca al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari Kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tiada bandingannya di dunia”.

BACA JUGA :  Wow.. Kodim Sragen Gelar Lomba Adzan

Kedua orangtuanya pun bertanya : Mengapa bisa dipakaikan kepada kami segala bentuk kehormatan ini? Maka dijawab: Karena anak kalian telah membawa (berpegang teguh kepada) Al-Quran. (HR. Hakim, shahih menurut syarat Muslim).

Al-Quran merupakan ilmu yang paling utama dan paling mulia, oleh karena itu orang yang mempelajari dan mengajarkannya adalah orang yang terbaik di sisi Allah Ta’ala.

  1. Dilipatgandakan Pahalanya

Seperti yang diriwayatkan Abdullah Ibnu Mas‘ud: “Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Demikianlah beberapa keutamaan yang akan didapat oleh orang yang banyak bertadarus Al-Quran di Bulan Ramadhan.[Red}

Komentar