oleh

Dorong Petani Tumbuhkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Ketua P3A Pohuwato Inisiatif Beri Kredit Usaha Rakyat

Kabardaerah.or.id, Pohuwato – Ketua Perkumpulan Petani Pemakai air (P3A) Pohuwato memfasilitasi para petani untuk menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai permodalan utama dalam menumbuhkan ekonomi di tengah pandemi.

Menurut Umar Etango, penggunaan KUR bisa membuat para petani padi sawah menjadi lebih berkembang dalam meningkatkan produktifitas saat masa panen tiba.

“Biaya semua terkover bunga rendah 0,5% perbulan sehingga mereka tidak terikat lagi sistem rentenir. Tentu ini akan berlanjut sementara kita akan lakukan sosialisasi”, ujarnya.

Selanjutnya, kata Umar selain memberikan bunga yang sangat rendah dengan besaran 0,5% tiap bulannya, juga adanya kemudahan dalam pengurusan administrasi penggunaan dana KUR

BACA JUGA :  Kapolres Semarang Dampingi Bupati Semarang Buka Festival Gedongsongo 2021

“Cuman foto kopi ktp, buku akta nikah, surat keterangan usaha dari desa, kemudian kartu keluarga persyaratan cuman ringan petani mudah mengajukan”, jelas Umar.

5297341988

Terkait hal ini, Kepala Dinas Pertanian Pohuwato, Kamri Alwi sangat mengapresiasi hadirnya inisiatif dari Ketua Perkumpulan Petani Pemakai air (P3A) Pohuwato

Diakui Kamri, program penyaluran KUR dinilai tepat, terutama dalam mendukung perkembangan lahan dan percepatan tanam dalam mewujudkan kedaulatan ketahanan pangan di Kabupaten Pohuwato.

“Saya sangat berterimakasih kepada ketua Umar atas ide gagasan luar biasa ini bahkan beliau yang menjadi jaminan. Tentunya saya berharap agar petani bisa memanfaatkan dana KUR dengan sebaik-baiknya,” ungkap Kamri.

BACA JUGA :  Musdessus Pemilihan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu ( PAW ) 3 Desa di Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali

Sementara itu, Melinda Moki selaku Plh Manager Kredit Bank Sulutgo menjelaskan saat setelah pencairan dana Kur tersebut akan diserahkan kepada petani melalui rekening

“Mereka enggak perlu ke kantor melainkan langsung ditempat sini, misal kredit macet kan ada yang jamin pak umar kerena ini kan setiap paneh kita tagih setiap per 6 bulan, jadi nanti Desember kita tagih,” tandas Melinda. (Fit)

Komentar